Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Perbedaan Domain dan Hosting

Domain? Hosting? pasti pernah dengar kan? tapi tau gak sih kalian apa itu Domain dan Hosting? Pada artikel ini kalian akan tau lebih banyak tentang apa itu domain dan hosting serta peran penting keduanya dalam dunia internet. Yuk, kita mulai dengan pengenalan dasar untuk memahami esensi dari kedua konsep ini.

Ilustrasi Domain Hosting Website

Domain

Domain adalah alamat yang memungkinkan pengguna internet untuk menemukan suatu situs web secara mudah. Bayangkan situs web sebagai rumah, dan domain adalah alamat pasti ke rumah tersebut di dunia internet. Adapun struktur domain sebagai berikut:

  • Domain-Level : Merupakan bagian inti dari sebuah domain yang bisa dipilih sesuai keinginan. Ini bisa menjadi nama merek, nama organisasi, atau istilah tertentu yang terkait dengan situs web tersebut.
    • Contohnya : Pada website natanetwork.com, bagian “natanetwork” merupaka Domain-Level.
  • Top-Level Domain (TLD) : Merupakan bagian paling akhir dari sebuah domain dan Setiap TLD memiliki makna atau fungsi tertentu.
    • Contohnya:
      • .com umumnya untuk website komersial
      • .org umumnya untuk website organisasi non-profit
      • .net umumnya merujuk pada entitas yang terkait dengan jaringan (network)
      • .gov domain ini diperuntukkan khusus bagi situs web yang dijalankan oleh pemerintah.
  • Subdomain : Merupakan agian yang bisa ditambahkan sebelum domain utama. Ini sering kali mengarah ke bagian tertentu dari situs web utama atau bisa juga mengarah ke situs terpisah yang terkait erat dengan domain utama.
    • Contohnya : “blog.example.com” atau “shop.example.com”. Di sini, “blog” dan “shop” adalah subdomain dari domain utama “example.com”

Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan di mana semua informasi, data, file, dan konten dari sebuah situs web disimpan. Ini mirip dengan ruang penyimpanan di internet untuk menampung semua komponen yang menjadlankan situs Website berjalan. Jenis Hosting sangat beragam, berikut beberapa diantaranya:

  • Shared Hosting : Tipe Hosting ini jika dianalogikan seperti kita tinggal di apartemen, di mana Anda berbagi sumber daya dengan tetangga Anda. Pada shared hosting, beberapa situs web berbagi satu server fisik. Ini adalah opsi yang terjangkau namun kinerja bisa dipengaruhi oleh situs web lain di server yang sama.
  • Virtual Private Server (VPS) : Tipe Hosting ini seperti kita memiliki apartemen eksklusif di sebuah gedung apartemen. Meskipun ada beberapa penyewa lain, setiap penyewa memiliki bagian yang terisolasi dan terpisah dari yang lain. Dalam VPS, server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual yang masing-masing memiliki sumber daya terpisah. Tertarik menggunakan VPS? klik disini
  • Dedicated Hosting : Tipe Hosting ini membuat anda memiliki satu server secara eksklusif untuk satu situs web. Hosting tipe ini menawarkan kinerja paling konsisten dan kontrol penuh. Tertarik menggunakan Dedicated Hosting? klik disini
  • Cloud Hosting : Tipe Hosting ini membuat anda memiliki akses ke jaringan gedung apartemen yang terhubung. Cloud hosting menggunakan sumber daya dari beberapa server yang terhubung dalam jaringan, memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. Tertarik menggunakan Cloud Hosting? klik disini

Kesimpulan

Walaupun konsepnya sangat berbeda, banyak yang belum memahami perbedaan mendasar antara domain dan hosting. Keduanya merupakan elemen yang esensial dalam pembuatan situs web, namun memiliki fungsi yang berbeda.

Dengan membaca artikel ini, Anda sekarang mengerti perbedaan antara hosting dan domain beserta definisi, jenis, dan kisaran harganya. Anda juga mendapatkan pemahaman tentang bagaimana keduanya berkolaborasi dalam menciptakan situs web.

Mau tau lebih banyak? Klik disini!
Promo Hosting? Klik disini!

Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *