Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Site Quality Monitoring cPanel

Pemantauan Kualitas Situs merupakan proses penting dalam memastikan kualitas dan kinerja website.
Tujuannya untuk memastikan situs website dapat diakses dan ditemukan dengan mendeteksi masalah umum, memungkinkan diagnosis dan perbaikan. Anda dapat memonitor satu domain dengan pemindaian uptime setiap jam, serta pemindaian menyeluruh terhadap kesehatan dan kinerja setiap minggu. Fitur ini juga mampu melakukan pemindaian manual hingga 20 halaman, sehingga memberi manfaat tambahan untuk pemeliharaan dan optimasi situs anda. Ikuti langkah dibawah untuk melakukan setup konfigurasinya.

Setup Fitur Pada cPanel

  • Pilih domain yang akan di monitoring pada menu Monitored domain
  • Masukkan Email untuk menerima notifikasi dari domain yang telah dipilih
  • Ceklis I Agree to receive email… kemudian Crate Project
  • Masukkan Security Code yang telah dikirim ke email yang anda masukkan.
  • Tunggu hingga proses setup selesai
  • Jika proses setup sudah selesai, Anda diberikan 5 poin utama, yaitu:

    Uptime: Indikator ini menunjukkan bagaimana aksesibilitas user saat mengakses Website Anda.
    Performance: Indikator ini menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menerima Konten dari Website Anda.
    Search Engine Optimization: Mengacu pada seberapa baik mesin pencari bisa memahami situs web. Jika skornya tinggi, berarti kita berharap mesin pencari bisa menemukan situs web Anda ketika orang mencari hal yang relevan.
    Content: Konten URL yang dipantau adalah semua yang bisa dilihat oleh pengguna ketika mereka membukanya. Ini termasuk gambar, tulisan, dan tautan yang ada di dalamnya.
    Technology: Indikator ini menunjukkan adanya masalah dengan file JavaScript dari situs web yang dipantau Anda. Ringkasan ini mencangkup Internal dan Eksternal Javascript.
    Security: Indikator ini menunjukkan keamanan dalam melindungi data.
  • Double Klik pada domain yang telah anda tambahkan, maka akan muncul informasi detail seperti berikut.

Kesimpulan

Site Quality Monitoring merupakan fitur penting untuk memastikan kinerja dan kualitas website. Tujuannya adalah untuk memastikan aksesibilitas dan keberadaan situs dengan mendeteksi masalah umum, serta memungkinkan diagnosis dan perbaikan. Proses ini melibatkan pemindaian uptime setiap jam, pemindaian kesehatan dan kinerja setiap minggu, serta pemindaian manual hingga 20 halaman. Fitur ini memberikan manfaat tambahan untuk pemeliharaan dan optimasi situs. Langkah-langkah konfigurasi mencakup pemantauan indikator seperti uptime, performa, optimisasi mesin pencari, konten, teknologi, dan keamanan. Dengan demikian, pemantauan kualitas situs memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan situs web serta meningkatkan pengalaman pengguna.
VM 30 Ribuan klik disini

Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *