Mengenal Jenis Virtualisasi pada Cloud VPS

Virtualisasi Cloud VPS adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi di dalam lingkungan virtual. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa Jenis Virtualisasi pada Cloud VPS, ada beberapa jenis virtualisasi cloud VPS diantaranya:

Jenis Virtualisasi pada Cloud VPS

Virtualisasi Hypervisor

Virtualisasi Hypervisor adalah jenis virtualisasi menggunakan software tambahan untuk memisahkan hardware dan membuat lingkungan virtual. Jenis virtualisasi hypervisor diantaranya:

VMware ESXi

VMware ESXi adalah sebuah hipervisor bare-metal yang dikembangkan oleh VMware. Hipervisor bare-metal adalah sebuah software virtualisasi yang berjalan langsung pada perangkat keras fisik tanpa melalui sistem operasi.

Microsoft Hyper-V

Microsoft Hyper-V adalah hipervisor virtualisasi dari Microsoft yang tersedia sebagai bagian dari sistem operasi Windows Server.

KVM (Kernel-based Virtual Machine)

KVM (Kernel-based Virtual Machine) adalah hipervisor virtualisasi open-source yang tersedia sebagai bagian dari Linux, KVM memanfaatkan dukungan hardware virtualisasi yang ada di perangkat fisik, sehingga memastikan performa yang baik bagi lingkungan virtual, dengan begitu salah satu keunggulan dari KVM adalah performa yang baik sehingga mampu menampung traffic lebih tinggi dari jenis virtualisasi lain.

Xen

Xen adalah virtualisasi open-source yang digunakan oleh beberapa vendor cloud, seperti Amazon Web Services (AWS) dan Oracle Cloud Infrastructure (OCI), Xen memiliki keunggulan yakni proses menjalankan virtual machine yang lebih responsif atau lebih cepat.

Proxmox VE

Proxmox VE adalah solusi virtualisasi all-in-one yang menawarkan dukungan untuk virtualisasi hipervisor dan container sekaligus. Memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola virtual machine dengan mudah, dan memastikan performa yang baik.

Proxmox VE juga menawarkan fitur-fitur yang berguna untuk mengelola cloud VPS, seperti dukungan untuk migrasi live, backup dan restore, dan dukungan untuk clustering. Ini memastikan reliability dan flexibility yang baik bagi cloud VPS.

Untuk mendapatkan fitur diatas, kamu bisa berlangganan Cloud VPS dari Cloudaja, tak perlu khawatir lagi dengan menggunakan teknologi cloud terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *