Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Error connection to SFTP Server FileZilla

Artikel ini merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya tentang merubah port SSH pada VPS Linux. Setelah mengubah port SSH default dari 22 ke port lain, mungkin Anda mengalami kesulitan saat mencoba terhubung menggunakan FileZilla. Masalah ini disebabkan oleh pengubahan port, yang menyebabkan pesan error “Cannot establish FTP connection to an SFTP server. Please select proper protocol & Critical error: Could not connect to server”. Untuk mengatasinya, diperlukan penyesuaian pada konfigurasi klien FTP seperti FileZilla. Dengan melakukan penyesuaian ini, Anda dapat kembali terhubung ke server SSH menggunakan port yang telah ditetapkan sebelumnya, memungkinkan Anda untuk melakukan transfer file tanpa masalah.

Gambar 1. Error koneksi VPS dan File Zilla

langkah-langkah untuk mengatasi error pada FileZilla:

  • Buka FileZilla dan pilih menu “File” -> “Site Manager” atau tekan (Ctrl + S) untuk membuka pengaturan situs.
  • Setelah Site Manager Terbuka, Ikuti petunjuk dibawah ini.
  1. Pilih “New Site” untuk menambahkan Server.
  2. Rubah Nama Server untuk mempermudah penggunaan.
  3. Pilih protokol “SFTP – SSH File Transfer Protocol”.
  4. Masukkan IP Address Server yang ingin disambungkan.
  5. Masukkan Port Terbaru yang telah diubah sebelumnya.
  6. Masukkan username server.
  7. Masukkan password server.
  8. Klik “Connect” untuk menyambungkan ke server.
  9. Ceklis “Update cached ket for this host”
  10. Klik “OK” untuk melanjutkan

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat, maka FileZilla akan secara otomatis melakukan koneksi dengan VPS tanpa memerlukan intervensi tambahan. Proses ini memungkinkan Anda untuk mengelola transfer data antara komputer lokal dan server VPS dengan mudah dan efisien. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat mengatur dan mentransfer file-file penting sesuai kebutuhan Anda. Ini adalah langkah yang sangat berguna untuk mempercepat proses kerja Anda dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan dalam pengelolaan proyek Anda.

Kesimpulan

Setelah mengubah port SSH pada VPS, anda akan mendapati Error connection to SFTP pada saat melakukan koneksi VPS ke File Zilla, maka diperlukan penyesuaian untuk melakukan transfer file. Anda harus memperbarui pengaturan FileZilla dengan port baru yang telah Anda tetapkan untuk SSH agar dapat terhubung secara berhasil ke VPS. Anda Masih bingung? Hubungi Kami disini.

Naufal Faris Hi, contact me at linkedin.com/in/naufal-faris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *